Tabungan Rencana Mandiri

January 14th, 2008

Setelah lama pengen buka rekening lain selain BCA (untuk urusan belanja :P) dan BNI (untuk urusan kuliah) tadi pagi gw buat rekening mandiri..

Nah, karena mungkin hari senin.. pas masuk bank, wiih penuh! antrean untuk orang yang ingin setor/transfer panjang banget.. udah mulai ilfill gw, sempet kepikiran pulang aja bikinnya kapan-kapan.. tapi gara-gara muka pak satpam yang ngganteng keinginan yang kuat untuk menabung :D akhirnya gw diambilin nomer sama pak satpam trus nunggu deh..

Saatnya tiba, gw pun maju.. trus ditanya.. “bapak ingin apa?” gw jawab “es teh manis mo buka rekening mbak”

Trus dia pun menceritakan benefit membuka rekening di Bank Mandiri..

Nah, sampai akhirnya pada halaman ke empat, disitu mbak mbaknya menjelaskan mengenai produk bank mandiri, yaitu Tabungan Rencana Mandiri.. disimak, trus disimak.. akhirnya setelah 2 jam gw ngerti intinya :D  dan gw pun ditawari untuk membuka Tabungan Rencana Mandiri..

Jadi begini, Tabungan Rencana Mandiri itu kalo gw sebut secara bahasa awam seorang mahasiswa arsitektur dan webdesigner freelance adalah tabungan yang mirip-mirip deposito, namun dengan nominal yang lebih rendah dan lebih fleksibel, selain itu gw dari dulu pengen banget buka deposito, mengingat gw adalah orang yang konsumtif cuma selama ini gw mendapati untuk membuka deposito memerlukan minimal IDR 10.000.000,- CMIIW

Langkah-langkahnya 

Untuk penjelasannya begini, di Tabungan Rencana Mandiri (TRM) gw bisa menabung dengan “dipaksa” dimana gw butuh hal itu.. gw suka pemaksaan.. haha ngga lah serius, jadi setiap bulan akan didebet otomatis dari rekening Tabungan Mandiri gw sejumlah yang gw inginkan pas saat pembukaan rekening,

  1. Pertama, akan ditanya, berapa nominal per bulan yang bisa kita tabung ke TRM, pilihannya banyak, mulai dari IDR 100.000,- hingga IDR 5.000.000,- (100.000, 300.000, 500.000, 1.000.000, 2.000.000)
  2. Lalu langkah berikutnya adalah memilih jangka waktu, dimulai dari 1 tahun hingga 20 tahun (1, 2, 5, 10, 20)
  3. Nah setelah itu biasa, isi biodata, norek Tabungan Mandiri dll
  4. Pilih tanggal berapa dalam sebulan untuk pelaksanaan autodebet
  5. Trus nanti ditanya, untuk keperluan apa ikut TRM? (pilihannya a. pendidikan b. pensiun c. ibadah d. wisata)
  6. Lalu ditanya, apakah dalam beberapa tahun terakhir ini pernah menderita sakit yang serius, penting dijawab ya jika memang benar-benar memiliki penyakit serius karena TRM bekerjasama dengan Manulife untuk asuransi kesehatan. Saat itu gw jawab tidak, karena alhamdulillah gw sehat wal afiat..
  7. Lalu udah deh, beres, nanti akan memperoleh sertifikat/rekening koran.. oh ya lupa jelasin, jadi di TRM tidak ada buku tabungan, melainkan rekening koran yang dikirim tiap 3 bulan sekali

Yasut jadilah gw membuka Tabungan Mandiri dan Tabungan Rencana Mandiri

Keuntungan

Kalo ada yang nanya, apa sih untungnya? buat gw simpel aja.. gw adalah orang konsumtif dan gw ingin menyisihkan pendapatan bulanan dengan sedikit “pemaksaan” :)

Namun gw ngga berpikir ke arah bunga bank.. pertama menurut gw bunga bank riba, namun karena gw memiliki niat yang tulus untuk menabung (tanpa diambil) jadi ya gw bilang, liatlah ke niatnya.. :) tapi untuk orang yang tertarik dengan bunga bank, gw kasih info sedikit mengenai bunga di TRM, jadi bunga di TRM selalu 0,5% lebih tinggi dibanding rate bunga bank tertinggi mandiri, jadi misalkan bunga mandiri 7%, lo dapet 7,5%

Nah berikut adalah list keuntungan TRM buat gw pribadi,

  1. Gw bilangnya ini deposito mini, dimana uang ditabung dengan jangka waktu pengambilan tertentu
  2. Nominal tabungannya kecil, at least gw masih mampu untuk ikutan :D
  3. Ada unsur “pemaksaan” dengan autodebet, jadi gw ga males2 lagi untuk menabung :)
  4. Apabila ingin berhenti sebelum jangka waktu yang ditentukan, ngga akan kena potongan dari apa yang udah kita tabung, tapi cukup membayar administrasi (kalo ga salah IDR 150.000,- CMIIW Please)
  5. Gw merasa memiliki investasi, hari gini mengatur keuangan adalah hal yang sulit dibalik gemerlapnya ipod, macbook, starbucks, J.Co, FO-FO di bandung dll.. :P
  6. Ikut program Asuransi Manulife (ya ngga terlalu berharap sih, cuma lumayan lah :D )

Yup, segitu aja berbagi pengalaman gw hari ini, semoga ada manfaatnya.

Info lebih lanjut: http://www.bankmandiri.co.id/article/555626327528.asp?article_id=555626327528

11 Responses to “Tabungan Rencana Mandiri”

  1. Risdawati Sihotang Says:

    Selamat pagi…………..

    Mau nanya nich,

    Benar gak Tabungan Rencana Mandiri (TRM) itu
    seperti yang di sebutkan di bawah ini?

    Pertanyaan saya di bawah ini saya kutip dari artikel (BIDADARI SENJA)
    TRM tidak ada buku tabungan, melainkan rekening koran yang dikirim tiap 3 bulan sekali

    Mohon penjelasan
    Salam………….
    Risdawati

    [Reply]

    FHM reply on August 25, 2008 5:25 pm:

    yup, bener..
    jadi setiap 3 bulan sekali dikirim rekening koran, nah yang perlu diperhatikan jika alamat KTP dengan alamat rumah tinggal berbeda, nanti saat daftar minta dikirimnya ke alamat rumah tinggal aja

    kalo saya kemarin agak bermasalah, jadi rekening koran terkirim ke alamat KTP, sedangkat alamat rumah tinggal berbeda, jadi saya minta print outnya langsung di bank mandiri saat buka TRM

    semoga membantu

    [Reply]

  2. Anthie Says:

    Wah,bner bgt mas…thnx brat info TRM ny..gw jg dah ikutan maren..mskipun bwt coba2 dl,.yah dr pd duitny hbs bwt pulsa..mendingn bljar invest,mskipun kcil2an dl;-),y g?cmplet bgt d infony,sy jd lbh tau ni..itung2 arisan.. thnx

    [Reply]

    fahmi reply on February 26, 2009 9:44 am:

    wah smoga sukses yah TRMnya hehe, punya saya udah dicairkan kmarin nanti mau buat lagi ahhh…

    [Reply]

  3. ina Says:

    saya juga ikut TRM udah 8 bulan..meski cuma 200 ribu per bulan,lumayan untuk “jaminan” masa depan

    daripada hidup boros bergaya tukar HP tiap bulan, nongkrong di cafe ngabisin uang, mending untuk masa depan yang kita belum tahu apa yang akan terjadi

    [Reply]

  4. elfi Says:

    yups,,, bener banget tuh.. sy ud ikut tapi buat anak udh hmpir 3taonan, lumayan sih awalnya 300rb tp sy pikir buat masa dpn anak, mumpung msh muda (ud 30th see,, he2) dan produktif sy up grade jd 1jt,, ga berasa ud lumayan byk,, ga pake potongan bsr seperti d asuransi yg sy ikut 500rb/bln, yg ak krg krg ngerti tuh bhs2nya,,
    TRM klu sy blg hmpir sama seperti arisan tp arisan yg ga akan di bawa kabur ma yg ga bertanggung jwb,, (piiss,,, bg yg pernah bw kabur arisan,, khehehee,,,,)

    [Reply]

  5. liya Says:

    bner gk sie TRM klo udh jth tempo lgsg autodebet ke rek.smula?full ato kna potongan?aq soale jg ikut TRM tp agk kuatir jg krn pnh baca da kasus yg gk dbyrkan,thx u..

    [Reply]

  6. Diana Says:

    mas/mbak…
    tolong info kalau emang ada yang sudah pernah mencairkan, karena ada juga info yang saat pencairannya gagal karena kesalahan transaksi dari pihak bank mandiri…
    Apakah pencairannya mudah dan tidak dipersulit??

    mohon Info ke alamat e_mail berikut…thx
    diana.ritasari@yahoo.com

    [Reply]

  7. cara mengatur keuangan Says:

    hahaha…lucu juga………

    [Reply]

  8. Muhammad Rangga Says:

    Dari pemaparan di atas gw jd semakin yakin utk bergabung di TRM.

    [Reply]

  9. Riyo Nakamura Says:

    Assalammualaikum Wr Wb

    Sebelumnya thankz buat temen-temen yang udah ngasih infonya tentang Tabungan Rencana Mandiri. jujur saya sebenarnya masih awam tentang tabungan berencana, untuk itu ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan yaitu :

    1. Mana yang lebih baik antara Tabungan Rencana Mandiri dengan Tabungan AXA-Mandiri? saya bingung sekali karena pada bulan Mei 2010 saya pernah berencana untuk membuka Tabungan Rencana Mandiri tetapi ketika saya datang ke Bank Mandiri Cabang Palembang, salah satu CS nya Bank Mandiri mengatakan bahwa sebaiknya saya membuka tabungan AXA-Mandiri saja karena memiliki keunggulan dari TRM, selain itu juga ada sumber2 yang mengatakan kalau lebih baik mengambil tabungan AXA-MANDIRI dibanding Tabungan Rencana Mandiri (TRM). Hal ini membuat saya bingung sehingga saya memutuskan untuk membatalkan membuka tabungan Rencana Mandiri dan berfikir ulang dulu dirumah (jadi sampe sekarang aku belum juga memutuskan..). Mohon penjelasan dari teman2 yang mengetahui apa perbedaan antara Tabungan AXA_Mandiri dengan TRM? sekalian deh apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing?

    2. Dari beberapa coment yang saya baca diatas ternyata ada juga kegagalan transaksi dari pihak bank mandiri dan adanya kegagalan pada saat pencairan ketika jatuh tempo TRM, kira2 apa yang menyebabkan terjadinya hal tersebut?

    3. Tolong Temen2 kasih tips dong buat aku jika saya jadi membuka Tabungan Rencana Mandiri (TRM) supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan rusaknya “RENCANA MASA DEPAN” saya….. (seperti Kegagalan transaksi, kegagalan pencairan dll)

    Mohon penjelasannya dan terima kasih sebanyak-banyaknya atas jawabab dari temen2 yang membantu saya.. Oh iya, sekiranya gak ngerepotin boleh deh Jawabannya dikirim ke Email aku aja di bawah ini ;

    riorezazulkarnain@yahoo.co.id

    Wassalammualaikum wr.wb….

    [Reply]

Leave a Reply