Catatan Harian - Bogor Botanical Garden International Workshop

July 17th, 2010

Bogor Botanical Garden International Workshop diselerenggarakan oleh Bogor Botanical Garden dengan kerjasama MAAN (Modern Asian Architecture Network) dan International Federation of Landscape Architects, Pemerintah Kota Bogor, Komunitas Bogor 100, Arsitektur Lanskap - Institut Pertanian Bogor, CRESPENT - Institut Pertanian Bogor dan Komunitas Kampoeng Bogor.  Workshop ini sendiri berlangsung selama tujuh hari dengan melibatkan peserta dari beberapa negara yaitu Indonesia, Singapura dan Malaysia.  Inti dari workshop yang saya dapat pahami adalah bagaimana menjadikan Bogor Botanical Garden memiliki dampak pada perkembangan kota Bogor itu sendiri. Dengan cara memetakan permasalahan, observasi langsung pada lapangan dan mencari solusi kreatif atas permasalahan tersebut.

Pada hari pertama acara berlangsung cukup meriah, dengan presentasi dari Prof. Johannes Widodo dan perkenalan antar peserta, walau saya datang telat tetapi setidaknya masih terekam suasana meriah yang saya maksud, namun suasana berkelompok diantara peserta masih sangat terasa. Malamnya kita semua memilih dan menginap di Guest House didalam Bogor Botanical Garden dengan acara utama malam itu adalah nonton bareng Jerman vs Argentina yang secara brillian Jerman mengkandaskan Argentina tanpa belas kasihan 4-0.

Hari kedua dimulai dengan keberuntungan dapat bangun pagi yang lalu dilanjutkan dengan lari pagi setelah itu dilanjutkan sesi kuliah umum dan setelah makan siang acara dilanjutkan dengan berkeliling Bogor Botanical Garden dengan tour guide yang menjelaskan jenis-jenis pepohonan dan tumbuhan yang saya sendiri sama sekali lupa karena terlalu banyak istilah-istilah latin yang diucapkan siang itu, satu-satunya yang saya ingat betul ada Pohon Cinta dimana kalau kita dan pasangan duduk dibawahnya akan langgeng selamanya asal pulangnya jangan lewat Jembatan Merah hehehe.. kita pun berfoto bersama dibawah pohon itu. Acara keliling Bogor Botanical Garden diakhiri dengan presentasi dan pemilihan Unit Master, saya sendiri saat itu memilih antara Avianti Armand atau Adi Purnomo yang pada akhirnya mendapat Adi Purnomo sebagai Unit Master kelompok saya beserta empat partisipan lainnya dan dibantu oleh dua relawan lokal. Hari kedua masih terasa juga suasana berkelompok dari institusi masing-masing, dengan kata lain belum ada pembauran yang berarti.

Hari ketiga tidak terliputi keberuntungan bangun pagi akibat lelah setelah berkeliling Bogor Botanical Garden di hari kemarin, alhasil hari itu diawali dengan kuliah umum yang cukup membuat kantuk menyerang di Treub Laboratorium, setelah itu dilanjutkan dengan briefing oleh Adi Purnomo. Pada intinya, unit yang saya ikuti lebih menitikberatkan pada sungai sebagai dasar pemikiran untuk workshop kali ini, setelah itu dilanjutkan dengan investigasi ke Pintu Air Katulampa. Hari ini cukup menarik dan suasana berkelompok pun sudah mulai sirna dan mulai terjadi pembauran, malamnya diakhiri dengan istirahat lelap dengan pegal-pegal di kaki yang luar biasa rasanya.

Hari keempat masih diawali dengan kuliah umum yang setelah itu dilanjutkan dengan observasi lapangan, kali ini observasi lebih difokuskan pada area periferi di sekitar Bogor Botanical Garden. Hari ini diakhiri dengan briefing ringan tentang apa yang didapat dari observasi hari ini.  Hari kelima dimulai dengan bangun kesiangan, beruntung sudah tidak ada kuliah umum namun diawali dengan briefing untuk observasi lanjutan oleh unit kami, hasil briefing diputuskan unit kami dipecah menjadi tiga bagian sesuai dengan minat pembahasan, saya mengobservasi di Kali Ciliwung dengan fokus pada Pulo Geulis, cukup menarik karena saya dan dua teman lainnya mengeksplorasi ke kampung di pinggiran kali ciliwung dan didalam Pulo Geulis itu sendiri. Suasana kampung yang saya duga kumuh berantakan dan tidak nyaman langsung terhapus begitu saja setelah masuk langsung kedalam kampung tersebut, terasa sekali suasana yang sangat Indonesia, dengan keramahan para penduduk dan pathway yang bersih dan tertata oleh penduduk sekitar, sangat sulit mencari pemandangan sampah pada kampung tersebut kecuali pada area-area yang menjadi tempat penampungan sampah. Ketika turun ke kali (saat itu kali ciliwung sedang surut sehingga kita bisa berjalan di bebatuan dan bahkan menyeberanginya dengan melompati batu-batu kali yang besar) suasana yang berbeda sangat terasa, dengan sampah-sampah bertebaran, kotoran manusia bagaikan jebakan ranjau yang siap menanti dan tak jarang ditemui manusia-manusia yang sedang enak berjongkok melakukan aktivitas biologis hariannya.  Ciliwung itu Romantis, kalau saya bilang. Sangat terasa keromantisannya, walaupun warga sekitar masih menganggap kali ciliwung sebagai halaman buangan bukan halaman belakang, sangat disayangkan karena hal ini bertolakbelakang terhadap kepedulian warga sekitar terhadap area kampung yang tertata baik dan bersih.

Hari kelima pun diakhiri dengan pengerjaan analisa awal dan diskusi ringan mengenai hasil yang didapat pada observasi hari ini, diskusi menjadi lebih menarik dan beragam karena area observasi lebih besar serta dari pandangan berbagai partisipan yang beragam.

Hari keenam masih seputar pengerjaan dan beberapa anggota kelompok masih melakukan observasi karena kekurangan data. Pengerjaan hari ini masih seputar analisa dari data-data dan hasil observasi.

Hari ketujuh juga masih seputar pengerjaan, namun sudah masuk ke ranah desain dan brainstorming ide-ide yang diusulkan sebagai solusi atas permasalahan yang ditemui. Hari-hari terakhir ini sungguh berat, kurangnya jam tidur mempengaruhi progress namun tetap kerja jalan terus dengan semangat untuk menjadi yang terbaik diantara yang terbaik.

Esoknya dengan tidak bangun kesiangan karena hanya tiga jam waktu tidur dan masih diliputi semangat empat lima untuk mempresentasikan di hari terakhir ini, unit kami sudah siap dengan materi yang menurut kami cukup maksimal. Akhirnya sekitar pukul sembilan pagi, sesi presentasi dimulai dan unit kami mendapat giliran kedua, presentasi diwakilkan oleh dua orang yang masing-masing memiliki jatah presentasi sebagai presenter hasil analisa dari data dan satu lagi sebagai presenter ide-ide yang dihasilkan.

Cukup menarik workshop kali ini, banyak pengalaman dan pelajaran baru yang dapat dipetik dari workshop singkat tujuh hari di Bogor Botanical Garden. Rasa-rasanya seperti mendapatkan ilmu setara dengan satu semester reguler 21 SKS di kampus. :)


Kelas A1

September 25th, 2008

Hehe, gw mo cerita ahh mengenai kelas di studio TGA gw skarang..

Fotonya belum ada, ntar gw coba tambahin, gw pengen menjabarkan siapa aja temen-temen sekelas gw..

Jadi di tugas akhir ini, studio besar dibagi 3 kelas, kelas A, B, C, nah dari kelas itu dibagi lagi kaya A1, A2, B1, B2, C1, C2, C3, gw kebetulan berada di A1 dengan 11 teman lainnya yang pastinya kelakuannya udik unik-unik di kelas hehe.. dan inilah temen-temen gw..

Kare aka Karina Lambey
klo kare itu yang gw tau cuma sering main game di kelas, gamenya ga jauh2 dari diner dash,wedding, sally spa..
klo asistensi kayak curhat.. sama sering tiba tiba ngomong sendiri, ternyata lagi telpon pake handsfree.. sama satu lagi, karena dia satu cubicle sama kucay, sering kliatan brantem ga jelas sama si kucay hehe..

Kucay aka Adrian Arya Putra
Ini temen gw yang unik, optimis banget dengan proyeknya tapi akhirnya ganti judul juga hehe.. suka tiba-tiba rajin padahal ga cocok hehe, sering main game juga

FHM aka Fahmi Alhaqqi
Nah karena ini gw, ngga komen ahh.. hehe

Si Bulu aka Yoehannes
Wih ini temen cubicle gw.. ciri khasnya.. slalu pake jaket dan ada ritual uniknya, dia dateng pagi, yaa jam 9 kurang lah, trus ngerjain bentar nanti jam 11an gitu udah ngilang.. kliatan lagi nanti kalo udah mo absen sore hehe.. tapi overall anaknya asik sih, gw sering curhat masalah “bebi” ke dia, secara dia juga bawa mobil eropa jadi ya nyambung lah..

Iin Filicia
Wah ini sih ibunya anak2 haha.. kalo ada masalah pasti ngomongnya ke dia, dan dia paling hobby ngerjain si raymond, secara satu cubicle.. dan akhirnya mereka ribut2 ga jelas gitu deh hyahaha.. sama akhir2 ini sering gw gangguin gara-garanya progress kerjaan dia sama si raymond terlalu cepet hehe

Raymond Ferdinand
Nah, ini partner berantemnya si Iin, sering dilecehkan lahir batin.. hidupnya kasian.. hyahayaha bcanda mon.. dia salah satu korban patah hati saat tga tapi kliatannya malah seneng gituh.. tambah rajin lagih.. huhuhu siall… katanya sih dirinya terlalu baik untuk ce nya.. haha.. (kalo lo terlalu baik, gimana gw mon.. hehe..) hmm slain itu apa ya, oh ya katanya si Iin sih sering ngomong sendiri dan kakinya kotor (ckckck detail banget..) hehe aneh memang tu anak..

Copa
Hmm, ini seberang meja gw.. tiap hari ciri khasnya bawa koran Top Skor dan memulai hari dengan menanyakan skor pertandingan bola.. sisi unik lainnya, sering juga tiba-tiba nyanyi sendiri, tapi ga se “karaoke” pa’ ci sih hehe..

Pa’ Ci aka William
Wah kalo pa’ ci sih slama ini kliatannya baik, beberapa kali sempet ngobrol juga sih, dan satu hobby dia.. karaoke di kelas hyahyahaha.. biasanya pake earset, trus tiba-tiba nyanyi lagu mandarin.. bwahaha gw didepannya berasa nonton konser.. hehe

James
Projectnya mirip2 kaya si Iin, tapi yang lucu, dia kalo nanya sama si Iin takutan gitu haha.. sisi unik lainnya, dia jarang kliatan.. komputernya jarang idup, mungkin udah lupa dia sama posisi komputernya dimana hehe

Norman Chandra
Nah, ini yang paling bermasalah di kelas hehe.. dia udah dapet SP 2 (surat peringatan ke2) gara-gara ketauan diabsenin.. tapi yang keren, ngga ada keliatan susah-susahnya.. tenang banget tampangnya..  sisi unik lainnya, sering ngilang.. alesannya mo fitness hehe, baru kliatan kalo udah sore mo absen, alesannya abis fitness balik lagi ke kos, tidur sampe sore xixixi.. hmm slaen itu, dari informan yang gw dapat.. dia sangat movieholic, projectnya aja bikin stasiun tv..

Johanna
Nah kalo yang ini agak jauh dari cubicle gw, temennya si rudi, data yang gw dapet dari informan terpercaya, dia orangnya care banget dan ramah..

Ivan
Kalo temen gw ini, dia sebenernya semester sebelumnya udah ambil tga, tapi gagal karena malas (pengakuannya) dan akhirnya menjadi gemuk karena banyak makan dan merokok.. projectnya cukup menarik..

Nah itu deh penjabaran kelakuan-kelakuan temen kelas gw.. nanti deh kalo sempet ditengah sibuknya ngerjain tugas main snooker di kelas, gw sempetin untuk foto bareng mereka semua.. biar jadi kenangan.. hehe..


Tugas Akhir

August 19th, 2008

Akhirnya Tugas Akhir.. :D

Yup.. setelah 8 semester berjibaku dengan matakuliah wajib, pilihan dan umum disertai dengan dilematika yang beragam hingga romantika kelulusan ditiap matakuliah yang nyaris-nyaris lewat, akhirnya dengan segenap hati, semester ini gw Tugas Akhir juga..

Dulu, kalo denger cerita orang tentang Tugas Akhir di jurusan gw; arsitektur, sungguh mengerikan!! pas sekarang ngejalanin, emang bener-bener bikin ngeri sih hehe.. beneran diuji Fisik, Mental dan Otak.. bisa dibilang, ini ospek kedua setelah ospek pas jadi mahasiswa baru.

Di Tugas Akhir ini gw dan kawan seperjuangan digembleng abis-abisan, musti dateng pagi untuk absen antara jam 8.00-9.00 (pake mesin absensi bo.. ga bisa nitip hehe) trus setelah itu masuk studio, didepan komputer sharian ngerjain apa aja yang bisa dikerjain (jangan harap ada internet hehe), nanti sorenya absen lagi jam 16.00-17.00 baru deh pulang..

Nah, yang susah sih sebenernya bukan karena absen, tapi gimana caranya para peserta TA harus menerima masukan dari 4 (empat) fasilitator/pembimbing yang kemudian diambil keputusan yang terbaik untuk kita sendiri dan siap untuk dibantai saat kritik kalo ga punya alasan tepat mengenai sesuatu hal.

Di TA ini gw ambil judul yang terbilang masih baru, dan sepanjang sejarah ars untar berdiri belum ada yang ambil judul ini, hasilnya, lumayan petakilan, gw musti cari data kesana-sini, browsing nyari data dll. Judul yang gw ambil adalah A Space for Youth Political Education atau dibahasakan Ruang untuk Pembelajaran Politik Kaum Muda.

Doakan, TA gw lancar yah.. gw musti berjuang keras dan mudah-mudahan terus semangat sampai ini berakhir..

ps:
kalo punya info yang berkaitan dengan political building, architecture and democracy atau political venue, entah itu artikel, foto, video, bangunan dll.. tolong hubungi gw, akan sangat-sangat membantu sekali :)


Mainan baru

August 10th, 2008

Akhirnya, setelah mengimpikan sekian lama, terbeli juga..

BMW 318i e30/m40/b18

Gw dapet nih mobil kondisinya 70% lah, mesin alus, transmisi mesti service, body ngga ada keropos tapi gw bakal repaint karena pengen item solid (kondisi sekarang item metalik), kaki-kaki sehat, ban masih 90% lah white wall lagih hehe.. interior rapih, tapi gw bakal ganti jok kulit dengan warna hitam, apalagi yah, hmm.. dapetnya lumayan murah.. KM 136000an

Todolistnya..

  • Turun Transmisi
  • Engine Carbon Cleaner
  • Rapiin interior
  • Ganti kaca film
  • Repaint
  • Ganti velg (ngincernya alpina 16″ ato BBS 14″ kalo ada, biar klop sama bannya yang udah white wall)
  • Nambahin roofrack :D

bertahap lah dari yang urgent dulu ngerapiin mesin, baru carsmetic.. sialnya gw lagi tugas akhir, ngga bisa ambil kerjaan dulu untuk sementara, jadi modif memodif bakal tertunda dulu..

BMW | The ultimate driving machine


Web - Stekpivolusi

August 5th, 2008

Paket dari pekerjaan Print Ad STEKPI berupa website informasi untuk penerimaan mahasiswa baru..

stekpivolusi.jpg


Print Ad - STEKPI School of Business and Management

August 5th, 2008

Yup, ini portfolio dari kerjaan untuk Print Ad atau Iklan Cetak di beberapa tabloid nasional dan regional di Indonesia, kliennya adalah STEKPI, sekolah bisnis dan manajemen, tujuan iklan untuk info penerimaan mahasiswa baru dan rebranding STEKPI, berikut screenshoot dari iklan yang gw buat..

stekpiad-kompas.jpg

Print Ad untuk Harian Kompas, tanggal 6 Agustus 2008

stekpiad-tempo-cmyk.jpg

Print Ad untuk Harian Koran Tempo, tanggal 4 Agustus 2008

stekpiad-singgalang.jpg

Print Ad untuk Harian Singgalang Medan dan Lampung Post, tanggal 4 Agustus 2008

stekpiad-sindo.jpg

Print Ad untuk Harian Sindo / Seputar Indonesia, tanggal belum ditentukan

UPDATE:
Print Ad STEKPI di Koran Tempo Online :)

stekpiad-tempo-online.jpg


SE P1i - TrackID

July 30th, 2008

Udah lama pengen sharing fitur-fitur di P1i semenjak sharing aktivasi pushmail kemarin..

Sekarang, gw mau coba sharing fitur TrackID, fitur ini berguna banget buat pecinta musik, saat mendengar lagu di radio, biasanya kita sering penasaran, ini judul lagunya apa yah, artistnya siapa.. trus nyari mp3nya deh  hehe, nah fitur TrackID itu kira-kira solusi dari masalah tersebut.

Berikut cara pemakaiannya;

1. Pastinya pasang earplug/earphone terus aktivasi radio dan pilih channel/frekuensi yang kamu suka

capture0001.png

2. Lalu disaat mendengarkan lagu yang kamu penasaran judulnya apa, cepetan tap More lalu tap TrackID

capture0002.png

3. Nah setelah itu, kamu akan menunggu karena pencarian sedang berlangsung (gprs langsung aktif)

capture0003.png

4. Setelah itu, hasilnya keluar.. ada judul lagunya, artistnya dan kamu bisa eksplor disitu sembari mendengar lagu atau kembali lagi ke radio untuk ganti channel lain

capture0004.png

Demikian sharing kali ini, semoga berguna terutama bagi yang belum tau fitur ini..

Ps: Untuk lagu dengan bahasa indonesia, udah di test tapi selalu ngga dikenali hehe.. jadi kesimpulan sementara hanya bekerja untuk lagu-lagu barat (english lang.)


Apakabar dunia?

July 27th, 2008

Udah lama banget ngga ngeblog, cerita-cerita kejadian sehari-hari semenjak peristiwa kemarin itu.. hehe

Gw liburan ini ambil SP, ditambah lagi ada kerjaan juga untuk buat iklan cetak + viralnya (alhamdulillah), sekarang SP udah selesai, besok tinggal UAS, sementara itu besok juga kumpul proposal tugas akhir.. gw cuma bisa berdoa semoga diberi kelancaran menuju tugas akhir..

Beberapa minggu ini, gw mencoba mempelajari satu hal yang susah sekali untuk dilakukan, pelajaran IKHLAS..

Pernah ngga sehari dalam hidupmu selalu ikhlas? kalo gw belum pernah, hal kecil aja, saat dijalan sedang macet-macetan terus ada mobil mau ambil jalur gw, pasti gw ngga mau kalah, dipepet terus.. lalu saat menerima pengumuman yang tidak mengenakkan, pasti ada keinginan untuk memprotes, kenapa begini padahal kan bla bla bla…. dan masih banyak lagi.

Ikhlas terkadang mudah, tapi terkadang juga susah.. sangat susah.. gw pernah naik motor, lalu ada ibu-ibu tua mau menyebrang, jaraknya kalo gw jalan terus masih bisa sebenernya, tapi entah kenapa gw rem dan berhenti lalu kasih tanda kaki ke pengendara motor dibelakang untuk memperlambat jalannya, alhasil ibu-ibu tua tadi berhasil menyebrang jalan, simpel dan mudah, tapi itu membekas, setelah kejadian itu gw di sepanjang jalan ngerasa berkesan banget, enak rasanya.. ah andaikan bisa diaplikasikan ke beban yang gw terima sekarang ini..

Ikhlas, juga berarti rela berkorban dan rela mengerti.. bagaimana jika orang yang bersama kamu, selama sekian tahun lalu harus berpisah jarak untuk karir dan kehidupannya? harus ikhlas, tapi sayangnya ngga semudah menuliskan kata ikhlas di postingan ini.. sulit, apalagi kalo masih ada kewajiban yang harus dia penuhi dan gw merasa berkewajiban untuk mensupport dia menyelesaikan kewajiban tersebut, demi masa depan dia, demi masa depan hubungan ini..

Hehe kok jadi curhat ya..

Btw tadi abis chat sama Umar aka OE, sahabat karib, temen deket smp gw yang melanjutkan studi ke kansas, us. Dia bercerita bulan depan akan lamaran dan tahun depan menikah, wow itu kabar baik banget yang gw denger selama ini dari dia, dan ternyata, who knows, calonnya adalah temen smp gw juga hahaha, kalau jodoh cinta ngga kemana.. its true!

Menikah adalah ibadah, disegerakan jika sudah mampu, gw mampu secara lahiriah, namun secara batin belum siap, alhamdulillah temen deket gw si OE ini udah mampu secara lahir dan batin, semoga dilancarkan jalannya menuju jenjang baru kehidupan.. amin.

Jangan tanya kapan gw nikah!  hehe gw nya udah bersedia, tapi si bidadari senja itu maunya nanti dulu, kerja dan membahagiakan ortu, ya gw udah bilang bisa dilakukan setelah menikah, tapi maunya gitu yasutra.. yaa gw ngga jamin jodoh ga lari kemana yah xixixi…


Hadiah itu adalah gagalnya pemasukan ujian

June 16th, 2008

Tanggal 11 Juni 2008, tepat 22 tahun gw dilahirkan didunia..

Seminggu sebelumnya adalah waktu terpadat selama tahun 2008 ini, gw menghadapi runtutan tugas-tugas yang harus dikumpulkan, belum lagi tuntutan pekerjaan yang belum selesai..

Nah, ada cerita menarik di momen ultah gw ini, tanggal 9 Juni 2008 adalah Pemasukan Tugas Arsitektur Kontemporer (yang seperti dapat dilihat di beberapa postingan sebelumnya), tugas ini sudah sehari sebelumnya siap untuk dikumpulkan, nah pas hari H-nya pagi saat kekampus ada kendala teknis, entah nasib lagi sial atau memang peringatan dari tuhan..

  1. Yang pertama, flashdisk ketinggalan.. pfuuh printer di rumah pas lagi rusak, jadi musti ngeprint di kampus
  2. Jalanan Macet berat, hari biasa macet, tapi entah kenapa pagi itu macetnya lebih parah
  3. Pas ngeprint, lama banget…

Yaudah akhirnya baru bisa ngumpulin jam 11:30 (di soal waktu pengumpulan tugas adalah pukul 10:00-12:00), pas ngumpulin, kena masalah lagi…. ga boleh memasukkan tugas karena ga absen kehadiran di awal waktu.. sumpah ini gw ga tau sama sekali aturan seperti ini, aturan ujian setau gw kalo ujian tertulis harus hadir maksimal telat 30 menit, tapi kalo tugasnya hanya pengumpulan gw bener-bener ga tau kalo harus absen dulu di awal waktu.. (di kertas soal tidak ada catatan mengenai hal ini, gw sangat menyayangkan hal ini, karena ga semua mahasiswa mengetahui aturan ini, terlebih jika baru pertama kali mengikuti mata kuliah dengan jenis ujian pengumpulan tugas)

Akhirnya gw coba minta dispensasi ke jurusan, tapi ditolak dengan alasan menghormati aturan yang ada, gw ga bisa berbuat apa-apa dan hari itu gw down berat, bener-bener males untuk ngapa2in

Besoknya gw coba email hasil pekerjaan tersebut ke dosen mata kuliah ars kontemporer, dengan harapan masih ada peluang untuk dapat nilai dan sekaligus konfirmasi bahwasanya gw mengerjakan tugas bukan sengaja ga ngerjain

Gw sampai saat ini masih berharap untuk nilai di mata kuliah ini, gw sangat mengejar karena jika mata kuliah ini ga lulus maka langkah menuju TGA/Tugas Akhir akan ada hambatan.

Di satu sisi, gw akui gw lalai karena tidak mengetahui aturan main ini, namun disisi lain gw juga menyayangkan pihak jurusan tidak menuliskan aturan ini di kertas soal, karena bagaimanapun, kertas soal adalah patokan dalam mengerjakan pekerjaan termasuk mengumpulkannya.. dan hal ini udah gw sampaikan ke jurusan, lalu esoknya baru muncul tempelan pengumuman di seluruh koridor.

Semoga masih ada kesempatan dibalik kesialan yang gw alami di umur ke 22 ini..


Redesain Shelter TransJakarta

June 11th, 2008

Isu Arsitektur Kontemporer - Transportasi Massal di Jakarta
Redesain Shelter TransJakarta

Oleh:        M.Fahmi Alhaqqi – 315040137
Blog:         http://jakartainformal.com/blog/?cat=8
Pembimbing:    Josef Prijotomo & M. Nanda Widyarta

Transportasi Massal di Jakarta
Dewasa ini, transportasi umum merupakan hal yang sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat urban, khususnya di Jakarta. Seiring dengan makin tingginya pertumbuhan industri otomotif dan juga naiknya harga minyak dunia disertai dengan volume jalan raya yang kurang berkembang membuat keadaan transportasi di Jakarta semakin kompleks.

Bagi pemilik kendaraan pribadi, berkendara di Jakarta saat peak hours bukanlah suatu kenikmatan, banyak yang harus dibayar selain bensin yang terbuang percuma, juga waktu yang panjang yang harus terbuang sia-sia di jalan, belum lagi kondisi jalan yang makin hari makin tidak sempurna, terlalu banyak kerusakan yang diakibatkan dari rendahnya kontrol perawatan dan mungkin akibat banjir yang melanda Jakarta tidak berapa lama lalu.

Sejarah Transjakarta
Transjakarta memulai operasinya pada 15 Januari 2004 dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta. Untuk mencapai hal tersebut, bus Transjakarta diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lainnya (termasuk bus umum selain TransJakarta). Agar terjangkau oleh masyarakat, maka harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah.
Pada saat awal beroperasi, TransJakarta mengalami banyak masalah, salah satunya adalah ketika atap salah satu busnya menghantam terowongan rel kereta api. Selain itu, banyak dari bus-bus tersebut yang mengalami kerusakan, baik pintu, tombol pemberitahuan lokasi halte, hingga lampu yang lepas.

Selama dua minggu pertama, dari 15 Januari 2004 hingga 30 Januari 2004, bus Transjakarta memberikan pelayanan secara gratis. Kesempatan itu digunakan untuk sosialisasi, di mana warga Jakarta untuk pertama kalinya mengenal sistem transportasi yang baru. Lalu, mulai 1 Februari 2005, bus Transjakarta mulai beroperasi secara komersil.

Sejak Hari Kartini (21 April) 2005, TransJakarta memiliki pramudi perempuan sebagai wujud emansipasi wanita. Pengelola menargetkan bahwa nanti jumlah pramudi wanita mencapai 30% dari keseluruhan jumlah pramudi. Sampai dengan bulan Mei 2006, sudah ada lebih dari 50 orang pramudi wanita.

Isu yang diangkat
Shelter Transjakarta yang kurang “nasionalis”
Halte-halte Transjakarta berbeda dari halte-halte bus biasa karena letaknya yang berada di tengah jalan, selain itu halte di depan gedung pertokoan Sarinah dan Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa, diberi fasilitas lift sisanya menggunakan ramp dan tangga yang kurang mengakomodir pengguna transjakarta yang memiliki cacat fisik atau lansia.

Waktu beroperasi halte-halte ini adalah 05:00 – 22:00. Apabila setelah pukul 22:00 masih ada penumpang di dalam halte yang belum terangkut karena kendala teknis operasional, maka jadwal operasi akan diperpanjang secukupnya untuk mengakomodasi kepentingan para penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket tersebut.

Kontruksi halte didominasi oleh bahan alumunium, baja, dan kaca. Ventilasi udara diberikan dengan menyediakan kisi-kisi alumunium pada sisi halte. Lantai halte dibuat dari pelat baja. Pintu halte menggunakan sistem geser otomatis yang akan langsung terbuka pada saat bus telah merapat di halte.

Jika dilihat dari sisi arsitektural, desain shelter transjakarta terkesan modern, kaku dan panas dalam artian mengadopsi sisi modernitas namun mengabaikan sifat arsitektur nusantara yang tanggap terhadap lingkungan & iklim di Indonesia.

LAMPIRAN DATA & FOTO MENYUSUL